Initial
State
Pokemon
Battle Game merupakan game yang dibuat dengan Strawberry Prolog.
Game
ini merupakan jenis game yang memiliki sebuah
AI (Artificial Intelligent)
atau sering disebut kecerdesan buatan. Pada game ini kita harus
mengumpulkan poin lebih banyak dari musuh yaitu AI yang telah di
program. Dalam game ini terdapat dua pokemon yang saling berhadapan
dan saling merebutkan poin dalam waktu 30 detik.
Game
ini merupakan game duel satu melawan satu yaitu antara Player dan
Komputer yang memiliki AI. Disini terdapat dua pokemon yang saling
berhadapan,pokemon berwarna kuning dengan bola merah putih merupakan
pokemon player,dan pokemon dengan warna abu-abu dengan bola biru
putih merupakan pokemon milik komputer. Pada game ini player harus
menembak musuh dan harus mengenainya untuk mendapat poin,satu
tembakan yang mengenai musuh dihitung satu poin. Pemain dapat
berlindung dibalik tembok dan bersembunyi dalam pokeball mereka
masing-masing untuk menghindari tembakan. Permainan berlangsung
selama 30 detik untuk satu kali permainan. Dalam game ini terdapat
tiga level yaitu easy,normal,dan hard. Setiap level memiliki tingkat
kesulitan yang berbeda pula. Semakin sulit levelnya semakin cepat
pula respon komputer terhadap pergerakan kita. Respon komputer
tergantung dari pergerakan kita,komputer membaca gerakan player
seperti menembak,bertahan,dan bersiap menyerang. Dalam gini terdapat
pula menu Help Me dan About yang akan membantu pemain untuk intruksi
permainan.
Pengenalan
Interface dan Menu
1.
Tombol Exit Windows
Tombol
ini untuk mengeluarkan windows game.
2.
Tombol Minimize
Tombol
ini untuk menyembunyikan windows game.
3.
Tombol maximize
Tombol
ini untuk membesarkan windows game sehingga menjadi fullscreen.
4.
Title Game
Ini
adalah nama dari game tersebut yaitu Pokemon Battle Game.
5.
Pokeball Komputer
Ini
adalah Pokeball komputer,pokeball ini akan berubah menjadi pokemon
saat komputer bersiap untuk menyerang.
6.
Tembok Pelindung
Ini
adalah tembok pelindung untuk player dan komputer,dibalik tembok ini
pokemon musuh dan pokemon player dapat berlindung dari serangan.
7.
Pokeball Player
Ini
adalah Pokeball milik player,pokeball ini akan berubah menjadi
pokemon saat player bersiap untuk menyerang.
8.
Background Game
Ini
adalah background dari game.
9.
Menu Help Me
Ini
adalah menu Help Me yang didalamnya terdapat layout keyboard yang
menjelaskan kontrol permainan. Berikut adalah tampilan Help Me bila
di tekan.
10.
Menu Level
Ini
adalah menu level,disini adalah tempat kita memilih level permainan.
Didalam menu ini terdapat submenu Easy,Normal,dan Hard ketika
ditekan. Untuk memilih level kita cukup menekan pilihan menu dalam
submenu tersebut.
11.
Menu Game
Ini
adalah Menu Game,dalam menu inilah kita memulai awal permainan. Dalam
menu ini terdapat submenu Play dan Exit. Submenu Play ini untuk
memulai permainan yaitu dengan cara menekan submenu Play. Sedangkan
Exit untuk keluar dari game dengan cara menekan submenu Exit.
12.
About
Ini
adalah menu about. Menu ini akan terbuka di web default kita jika
kita menekan menu about ini. Menu about ini sebenarnya berisi tentang
cara bermain dan data diri penulis. Berikut ini adalah tampilan about
saat kita tekan.
Cara
Bermain
Disini
akan dijelaskan cara bermain dari game ini :
1. Tunggu
Loading splash screen.
2. Setelah
selesai,pilih menu Game dan pilih submenu Play.
3. Setelah itu
pilih menu Level dan pilih submenu Level yang diinginkan.
4. Maka akan
muncul kotak pesan bahwa kita telah memilih level yang dipilih.
5. Setelah itu
permainan siap dimulai.
Control
Dibawah ini
adalah control gamenya :
Rules
- Permainan berlangsung selama 30 detik
- Pemain menggunakan tombol atas untuk berdiri, tombol bawah untuk menunduk dan tombol spasi untuk menembak.
- Menembak hanya dapat dilakukan ketika pemain atau komputer berdiri.
- 1 detik setelah pemain atau komputer menembak, pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari tembakan beruntun serta lag pada permainan.
- Jika pemain menembak tepat dan mengenai komputer maka poin pemain akan bertambah satu,begitu juga jika komputer berhasil menembak tepat dan mengenai player maka poin komputer otomatis akan bertambah satu.
- 1 detik setelah pemain atau komputer tertembak, pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari terkena tembakan beruntun serta lag pada permainan.
- Pada detik 0 permainan akan berakhir dan perhitungan poin akan berjalan.
- Jika pada detik 0 poin pemain lebih dari poin komputer maka pemain dinyatakan menang.
- Jika pada detik 0 poin pemain kurang dari poin komputer maka pemain dinyatakan kalah.
- Jika pada detik 0 poin pemain sama dengan poin komputer maka permainan dinyatakan seri.
Goal
Goal
atau tujuan permainan ini adalah pengumpulan poin sebanyak munkin
yang di dapat dari setiap tembakan yang mengenai musuh selama 30
detik permainan. Pemain atau komputer yang mengumpulkan poin paling
banyaklah yang akan dinyatakan sebagai pemenangnya.
Batas
Usia
Permainan
ini tidak disarankan untuk anak dibawah umur 5 tahun karena secara
tidak langsung memperlihatkan sebuah
kejadian serang-menyerang
target berupa objek pokemon
virtual. Anak dibawah umur 5 tahun disarankan untuk mencari permainan
edukatif seperti alphabet dan angka.
Konsep
AI
Kecerdasan
Buatan atau Intelegensi Artifisial (AI) didefinisikan sebagai
kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap
komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Konsep
AI pada game ini yaitu musuh memiliki kecerdasan pengecekan terhadap
lawannya,jadi dia merespon setiap detik dari pergerakan lawan.
Kecerdasan ini tergantung pada level,semakin tinggi levelnya semakin
cepat responnya. AI dari musuh ini juga tidak akan mengeluarkan
tembakan yang sia-sia karena AI selalu mengecek lawannya,ketika lawan
dalam posisi berdiri baru AI mengeluarkan tembakannya.
Konsep
Algoritma
Algoritma
adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari
instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik. Algoritma
merupakan suatu teknik dalam kumpulan perintah untuk menyelesaikan
suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara
bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa
saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal
yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma.
Algoritma
yang digunakan adalah forward chaining atau respon berantai dengan
menggunakan statement if. Jika kondisi statement tidak terpenuhi maka
tidak akan di proses ke statement selanjutnya. Kecanggihan forward
chaining adalah : Output dari suatu proses di pengaruhi oleh output
proses sebelumnya, forward chaining adalah modus ponens yang
berulang.
Listing
Program
%
------------------------------------------------------------------------------------%
%
---------------------------------Pokemon
Battle----------------------------------------%
%
---------------Wahyu Ramadhan Teknik Informatika Universitas
Gunadarma-------------------%
%
------------------------------------------------------------------------------------%
%=============================Deklarasi
variable dan Impor gambar====================%
?-
G_aksi_red:=0,
G_aksi_blue:=0,
G_skor_blue:=0,
G_skor_red:=0,
G_level:=1,
G_life_red:=10,
G_life_blue:=10,
G_zero:=0,
G_background
is
bitmap_image("background.bmp",_),
G_pokemon1
is
bitmap_image("pokemon1.bmp",_),
G_pokeball1
is
bitmap_image("pokeball1.bmp",_),
G_damage1
is
bitmap_image("damage1.bmp",_),
G_pokemon2
is
bitmap_image("pokemon2.bmp",_),
G_pokeball2
is
bitmap_image("pokeball2.bmp",_),
G_damage2
is
bitmap_image("damage2.bmp",_),
G_fire1
is
bitmap_image("fire1.bmp",_),
G_fire2
is
bitmap_image("fire2.bmp",_),
G_att1
is
bitmap_image("att1.bmp",_),
G_att2
is
bitmap_image("att2.bmp",_),
G_Tembok
is
bitmap_image("Tembok.bmp",_),
G_Timeup
is
bitmap_image("timeup.bmp",_),
G_white
is
bitmap_image("white.bmp",_),
G_timeblock
is
bitmap_image("timeblock.bmp",_),
G_cleantime
is
bitmap_image("cleantimeup.bmp",_),
G_header
is
bitmap_image("header.bmp",_),
G_loading
is
bitmap_image("loading.bmp",_),
G_keyboard
is
bitmap_image("keyboard.bmp",_),
14
%====================Splash
Screen======================%
window(G_satu,_,win_satu(_),"Now
Loading...",100,100,860,420).
win_satu(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_loading,_,_),
draw_bitmap(0,0,G_header,_,_).
win_satu(init):-
G_batas
:=
0,
G_waktu
is
set_timer(_,0,fungsi_timer).
fungsi_timer(end):-
pen(10,rgb(0,0,255)),
line(0,320,G_batas,320),
(G_batas<860
->
G_batas:=G_batas+2),
(G_batas>=860->close_window(G_satu),
%====================Window
Game===========================%
window(G_dua,_,win_func(_),"Pokemon
Battle Game",100,100,800,420)).
win_func(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_background,_,_),
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
draw_bitmap(
170,
220,
G_Tembok,
_,
_),
draw_bitmap(
550,
220,
G_Tembok,
_,
_).
%===================Menu
dan Timer========================%
win_func(init):-
G_timer
is
set_timer(_,1,time_func),
menu(
pop_up,
_,
_,
menu_pilihan(_),"&Game"),
menu(
pop_up,
G_Menu,
_,
menu_level(_),
"&Level"),
menu(
normal,
_,
_,
menu_bantuan(_),
"&Help Me"),
menu(
normal,
_,
_,
menu_tentang(_),
"&About").
menu_pilihan(init):-
menu(normal,_,_,mulai_game(_),"&Play"),
menu(normal,_,_,menu_exit(_),"&Exit").
menu_exit(press):-
beep("Lock.wav"),
close_window(_).
win_func(close)
:-
not(
yes_no("","Are
you sure?",
?)).
15
menu_level(init):-
menu(normal,_,_,mudah(_),"&Easy"),
menu(normal,_,_,normal(_),"&Normal"),
menu(normal,_,_,susah(_),"&Hard").
%===================================Level===================================%
%================================Mulai
Game=================================%
mulai_game(press):-
draw_bitmap(
300,
250,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
100,
20,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
600,
20,
G_cleantime,
_,
_),
G_aksi_red:=0,
G_aksi_blue:=0,-
G_skor_blue:=0,
G_skor_red:=0,
G_time:=31,
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
draw_bitmap(
170,
220,
G_Tembok,
_,
_),
draw_bitmap(
550,
220,
G_Tembok,
_,
_).
%===========================Inisiasi
Level Mudah==================================%
mudah(press):-
beep("Lock.wav"),
message("Level","Your
enemy is easy !",i),
draw_bitmap(
300,
250,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
100,
20,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
600,
20,
G_cleantime,
_,
_),
G_aksi_red:=0,
G_aksi_blue:=0,
G_skor_blue:=0,
G_skor_red:=0,
G_life_red:=99,
G_life_blue:=99,
G_level:=1,
G_time:=31,
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
16
draw_bitmap(
170,
220,
G_Tembok,
_,
_),
draw_bitmap(
550,
220,
G_Tembok,
_,
_).
%==============================Inisiasi
Level Normal===================================%
normal(press):-
beep("Lock.wav"),
message("Level","Your
enemy is Normal !",i),
draw_bitmap(
300,
250,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
100,
20,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
600,
20,
G_cleantime,
_,
_),
G_aksi_red:=0,
G_aksi_blue:=0,
G_skor_blue:=0,
%=========buat bikin skor===========%
G_skor_red:=0,
%==========buat bikin skor===========%
G_life_red:=99,
G_life_blue:=99,
G_level:=2,
G_time:=31,
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
draw_bitmap(
170,
220,
G_Tembok,
_,
_),
draw_bitmap(
550,
220,
G_Tembok,
_,
_).
%=========================Inisiasi
Level Susah=======================================%
susah(press):-
beep("Lock.wav"),
message("Level","Are
you ready to be Pokemon Master?",i),
draw_bitmap(
300,
250,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
100,
20,
G_cleantime,
_,
_),
draw_bitmap(
600,
20,
G_cleantime,
_,
_),
G_aksi_red:=0,
G_aksi_blue:=0,
G_skor_blue:=0,
G_skor_red:=0,
G_life_red:=99,
G_life_blue:=99,
G_level:=3,
G_time:=31,
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
draw_bitmap(
170,
220,
G_Tembok,
_,
_),
draw_bitmap(
550,
220,
G_Tembok,
_,
_).
17
menu_bantuan(press):-
beep("Lock.wav"),
window(G_help,_,win_help(_),"Help
Me...",100,100,900,320).
win_help(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_keyboard,_,_).
menu_tentang(press):-
beep("Lock.wav"),
shell_execute("about.html").
%===========================Menjalankan
Timer Game===============%
time_func(end):-
G_time=0->
G_time:=0
else
G_time:=G_time-1,
T:=printq(G_time),
font(20,40,"Arial"),
text_out(350,250,T),
%==========================Respon
Komputer per-Detik===============%
(G_time=29->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=29->
G_level=2->
musuhnunduk(_)),
(G_time=29->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=28->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=28->
G_level=2->
musuhberdiri(_)),
(G_time=28->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
18
(G_time=27->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=27->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=27->
G_level=1->
musuhnunduk(_)),
(G_time=26->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=26->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=26->
G_level=1->
musuhcek(_)),
(G_time=25->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=25->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=25->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=25->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=25->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=25->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=24->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=24->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=24->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=23->
G_level=3->
musuhcek(_)),
19
(G_time=23->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=23->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=22->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=22->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=22->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=21->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=21->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=21->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=20->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=20->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=20->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=19->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=19->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=19->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=18->
G_level=3->
musuhcek(_)),
20
(G_time=18->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=18->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=17->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=17->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=17->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=16->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=16->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=16->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=15->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=15->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=15->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=14->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=14->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=14->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=13->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=13->
G_level=2->
musuhcek(_)),
21
(G_time=13->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=12->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=12->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=12->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=11->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=11->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=11->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=10->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=10->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=10->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=9->
draw_bitmap(
372,
250,
G_timeblock,
_,
_)),
(G_time=9->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=9->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=9->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=8->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
22
(G_time=8->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=8->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=7->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=7->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=7->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=6->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=6->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=6->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=5->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=5->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=5->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=4->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
(G_time=4->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=4->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=3->
G_level=3->
musuhberdiri(_),
musuhcek(_)),
23
(G_time=3->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=3->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=2->
G_level=3->
musuhnunduk(_)),
(G_time=2->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=2->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=1->
G_level=3->
musuhcek(_)),
(G_time=1->
G_level=2->
musuhcek(_)),
(G_time=1->
G_level=1->
musuhberdiri(_)),
(G_time=0
->
G_time:=0,
draw_bitmap(
310,
250,
G_Timeup,
_,
_),
(G_life_blue<G_life_red->message("You
Lose","Training
your pokemon,and come back !",i)),
(G_life_blue>G_life_red->message("You
Win","You
are the real pokemon master !",i)),
(G_life_blue=G_life_red->message("Draw","Please
try again !",i))).
%===================================Fungsi
dari Respon Komputer==================%
musuhberdiri(_):-
G_aksi_red:=1,
draw_bitmap(
610,
150,
G_pokemon2,
_,
_).
musuhnunduk(_):-
G_aksi_red:=0,
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokemon2,
_,
_).
24
musuhcek(_):-
G_aksi_blue=1->
G_aksi_red:=1,
draw_bitmap(
610,
150,
G_pokemon2,
_,
_),
wait(0.1),
draw_bitmap(550,197,G_att2,_,_),
G_aksi_red:=2,
afterfire_red(_).
%=======================================Tembakan
Keluar=========================%
afterfire_blue(_):-
wait(0.2),
draw_bitmap(
360,
195,
G_fire1,
_,
_),
efektembak1(_),
wait(0.3),
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
draw_bitmap(
168,
192,
G_white,
_,
_),
G_aksi_blue:=0.
afterfire_red(_):-
wait(0.2),
beep("gun.wav"),
draw_bitmap(
370,
192,
G_fire2,
_,
_),
efektembak2(_),
wait(0.3),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
draw_bitmap(
295,
193,
G_white,
_,
_),
G_aksi_red:=0.
%========================================Efek
Damage===========================%
efektembak1(_):-
G_aksi_red=1->
wait(0.2),
draw_bitmap(
610,
150,
G_damage2,
_,
_),
draw_bitmap(
240,
192,
G_white,
_,
_),
wait(1),
draw_bitmap(
610,
140,
G_pokeball2,
_,
_),
G_life_red:=G_life_red-1,
skorblue(_),
G_aksi_red:=0.
efektembak2(_):-
G_aksi_blue=1->
wait(0.2),
draw_bitmap(
0,
150,
G_damage1,
_,
_),
draw_bitmap(
235,
192,
G_white,
_,
_),
25
wait(1),
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_),
G_life_blue:=G_life_blue-1,
skorred(_),
G_aksi_blue:=0.
%=========================Membuat
Pokemon Player Berdiri, Menunduk, Menembak===============%
win_func(key_down(38,_)):-
G_aksi_blue:=1,
draw_bitmap(
0,
150,
G_pokemon1,
_,
_).
win_func(key_down(40,_)):-
wait(0.8),
G_aksi_blue:=0,
draw_bitmap(
0,
140,
G_pokeball1,
_,
_).
win_func(key_down(32,_)):-
beep("gun.wav"),
G_aksi_blue=1->
draw_bitmap(165,197,G_att1,_,_),
G_aksi_blue:=2,
afterfire_blue(_),
wait(0.6).
%=============================Penghitungan
dan Menampilkan Skor===========================%
skorblue(_):-
G_skor_blue:=(G_skor_blue+1),
Skorblue:=printq(G_skor_blue),
font(15,30,"Arial"),
text_out(100,20,Skorblue).
skorred(_):-
G_skor_red:=(G_skor_red+1),
Skorred:=printq(G_skor_red),
font(15,30,"Arial"),
text_out(600,20,Skorred).
26
0 komentar:
Posting Komentar